Breaking News
Loading...
Saturday 10 August 2013

Cara Mengatasi Blue Screen Pada Komputer

Saturday, August 10, 2013
blue screen errorA Blue Screen of Death, juga disebut Kesalahan STOP, akan muncul ketika masalah sangat serius sehingga Windows harus berhenti total.A Blue Screen of Death biasanya hardware atau driver terkait. Kebanyakan BSODs menunjukkan kode BERHENTI yang dapat digunakan untuk membantu mencari tahu akar penyebab Blue Screen of Death.
Catatan: Beberapa langkah ini mungkin mengharuskan Anda untuk memulai Windows pada Safe Mode. Jika itu tidak mungkin melewatkan langkah-langkah. 


Inilah Cara:

    
The Blue Screen of Death yang paling penting langkah pemecahan masalah yang dapat Anda ambil adalah untuk bertanya pada diri sendiri apa yang baru saja Anda lakukan.

    
Apakah Anda baru saja menginstal sebuah program baru atau hardware, update driver, menginstal update, dll? Jika demikian, ada kesempatan yang sangat baik bahwa perubahan yang Anda buat menyebabkan BSOD.

  1.  Membatalkan perubahan yang Anda buat dan menguji lagi untuk Kesalahan STOP. Tergantung pada apa perubahan yang Anda buat, beberapa solusi mungkin mencakup:
     a.  Startup menggunakan Last Known Good Configuration untuk membatalkan registri terbaru dan perubahan driver.
     b. 
Gunakan System Restore untuk membatalkan perubahan sistem terbaru.
     c. 
Gulung Kembali device driver ke versi sebelum update driver Anda.
 
     5.  Verifikasi bahwa jumlah minimum ruang kosong yang tersedia pada partisi Windows Anda. Layar biru Kematian dan masalah serius lainnya, seperti korupsi data, dapat terjadi jika tidak ada ruang kosong yang cukup pada partisi utama Anda digunakan untuk sistem operasi Windows.

    
Catatan: Microsoft menganjurkan agar Anda mempertahankan setidaknya 100MB ruang bebas tapi saya secara teratur melihat masalah dengan ruang bebas yang rendah. Saya biasanya menyarankan pengguna Windows untuk menyimpan setidaknya 15% dari kapasitas drive gratis di setiap saat.

    6. 
Memindai komputer Anda untuk virus. Beberapa virus dapat menyebabkan Blue Screen of Death, terutama yang menginfeksi master boot record (MBR) atau boot sector.

    
Penting: Pastikan perangkat lunak pemindaian virus Anda benar-benar up to date dan bahwa itu dikonfigurasi untuk memindai MBR dan boot sector.

   7.
Terapkan semua paket layanan Windows yang tersedia dan pembaruan lainnya. Microsoft secara teratur merilis patch dan service pack untuk sistem operasi mereka yang mungkin berisi perbaikan untuk penyebab BSOD Anda.

   8. 
Update driver untuk hardware anda. Layar Paling Biru Kematian adalah perangkat keras atau driver terkait sehingga update driver bisa memperbaiki penyebab kesalahan STOP.

   9. 
Periksa Sistem dan log Aplikasi di Event Viewer (7/Vista | XP) untuk kesalahan atau peringatan yang mungkin memberikan petunjuk lebih lanjut tentang penyebab BSOD.

  10.
Kembali pengaturan perangkat keras ke default di Device Manager. Kecuali Anda memiliki alasan khusus untuk melakukannya, sumber daya sistem yang sepotong individu hardware dikonfigurasi untuk digunakan dalam Device Manager harus di set ke default. Pengaturan perangkat keras non-standar telah diketahui menyebabkan Blue Screen of Death.

  11. 
Kembali pengaturan BIOS ke tingkat default. Sebuah overclock atau terkonfigurasi BIOS dapat menyebabkan segala macam masalah acak, termasuk BSODs.

    
Catatan: Jika Anda telah membuat beberapa kustomisasi untuk pengaturan BIOS Anda dan tidak ingin memuat yang default maka setidaknya mencoba kembali clock speed, pengaturan tegangan, dan pilihan memori BIOS ke pengaturan default mereka dan melihat apakah yang perbaikan kesalahan STOP .

  12. 
Pastikan semua kabel internal, kartu, dan komponen lainnya terpasang dengan benar. Hardware yang tidak tegas di tempat dapat menyebabkan Blue Screen of Death jadi coba pasang kembali tes berikut dan kemudian untuk pesan STOP lagi:
        a.
Pasang kembali semua data internal dan kabel listrik
       
b. Pasang kembali modul memori
       
c. Pasang kembali semua kartu ekspansi

  13. 
Lakukan tes diagnostik pada semua perangkat keras Anda dapat menguji. Ini sangat mungkin bahwa akar penyebab dari setiap diberikan Blue Screen of Death adalah bagian perangkat keras gagal:
        
Uji memori sistem Anda
        
Test drive hard disk Anda

  14.
Jika tes gagal, ganti memori atau mengganti hard drive sesegera mungkin.

  15.
Update BIOS anda. Dalam beberapa situasi, dan BIOS usang dapat menyebabkan Blue Screen of Death karena tidak kompatibel tertentu.

  16.
Mulai PC Anda dengan perangkat keras penting saja. Sebuah langkah pemecahan masalah yang berguna dalam banyak situasi, termasuk masalah BSOD, adalah untuk memulai komputer Anda dengan perangkat keras minimum yang diperlukan untuk menjalankan sistem operasi. Jika komputer Anda mulai berhasil membuktikan bahwa salah satu perangkat perangkat keras yang dilepaskan adalah penyebab pesan STOP.

    
Tip: Biasanya, satu-satunya perangkat keras yang diperlukan untuk memulai PC Anda melalui sistem operasi termasuk motherboard, CPU, RAM, hard drive primer, keyboard, kartu video, dan monitor.Tips:

    
Menemukan bahwa hardware adalah penyebab Blue Screen of Death Anda? Coba ini:

  •         Mengganti perangkat keras.
  •         Update firmware hardware.
  •         Pastikan perangkat keras pada daftar kompatibilitas perangkat keras.
  •         Periksa dengan produsen untuk informasi dukungan.

    
Menemukan bahwa program perangkat lunak adalah penyebab Blue Screen of Death Anda? Coba ini:

  •         Instal ulang perangkat lunak.
  •         Periksa dan menginstal update program yang tersedia.
  •         Periksa dengan pengembang untuk informasi dukungan.
  •         Mencoba program bersaing.
    Apakah PC Anda restart sebelum Anda dapat membaca Kode STOP di Blue Screen of Death?
    
Kebanyakan PC Windows dikonfigurasi untuk reboot segera setelah menerima kesalahan serius seperti BSOD. Anda dapat mencegah restart ini dengan menonaktifkan restart otomatis pada pilihan kegagalan sistem.

0 comments:

 
Toggle Footer