Breaking News
Loading...
Saturday 17 August 2013

Tips Memanfaatkan Uang THR

Saturday, August 17, 2013


thrSudah mendapat THR (Tunjangan Hari Raya)? Pastikan uang kalian terpakai untuk kebutuhan penting. Banyak orang beramai-ramai untuk mendatangi pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan menyambut hari raya

Namun, pengeluaran THR sering tidak terkontrol untuk membeli barang yang sebetulnya tidak perlu dibutuhkan. Hal ini membuat kalian harus mengelurkan biaya tambahan untuk lebaran.
Berikut beberapa tips untuk mengoptimalkan uang THR.

Membuat perencanaan belanja
Sebelum membeli barang, pastikan kalian merencanakan apa saja yang ingin Anda beli, utamakanlah barang-barang yang dibutuhkan.

Bawa catatan saat belanja
Belanja sesuai dengan daftar belanja yang kalian susun. Pastikan kalian tidak terpancing untuk membeli barang yang tidak ada dalam daftar. Selain itu, belilah barang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Membeli sesuatu dengan harga mahal, merek dan banyak tidak masalah, asalkan Anda mampu dan butuh. Belilah barang yang memang anda sukai, penting dan bermanfaat.

Hindari berbelanja beramai-ramai
Mungkin belanja dengan teman-teman sangat menyenangkan. Namun, hal ini menimbulkan godaan baru, khususnya bagi wanita. Kalian akan terpancing jika teman kalian membeli sesuatu yang tidak kalian miliki.

Jangan sering ke pusat perbelanjaan
Pergi ke pusat perbelanjaan akan membuat Anda tergoda untuk membeli sesuatu.

Periksa lemari
 Anda Hari raya sering dihubungkan dengan baju baru. Padahal hal ini adalah salah satu hal yang boros. Periksa lemari baju kalian, jika masih ada baju yang bagus, sebaiknya berpikir ulang sebelum membeli baju baru.

Jangan gengsi
Belanja hanya untuk gengsi? Sebaiknya manfaatkanlah THR dengan lebih bijak dan optimal.

Disiplin merencanakan keuangan keluarga
Jujur dan terbukalah pada pasangan (suami/istri) mengenai kondisi keuangan masing-masing. Diskusikan penggunaan uang THR untuk berbagai kebutuhan.

Rekreasi murah meriah
Hari raya juga identik dengan liburan bersama. Kalian tidak perlu memaksa diri untuk liburan ke luar kota, atau luar negeri. Kalian bisa memilih tempat rekreasi yang murah dan seru seperti museum, kebun binatang, bioskop atau pantai. Kalian juga bisa berkumpul di rumah untuk melakukan kegiatan yang seru bersama.

Investasi
Uang THR juga bisa kalian manfaatkan untuk investasi. Jika kalian tidak mengerti dengan investasi bisnis, kalian bisa melakukan investasi dalam bentuk emas.

Masa depan
Sebelum menghamburkan uang THR untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Pikirkan rencana besar yang ingin kalian wujudkan atau kebutuhan besar nantinya. Seperti biaya sekolah anak, biaya menikah, atau usaha.

0 comments:

 
Toggle Footer